id Indonesian

Melibatkan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan dosen tentunya memiliki manfaat bagi mahasiswa saat mereka lulus dari perguruan tinggi. Salah satunya mahasiswa akan terdidik menjadi orang yang mandiri dan terbiasa mengerjakan proyek-proyek sesuai dengan bidangnya.
“Di Teknik Sipil, kami seringkali melibatkan mahasiswa dalam berbagai penelitian. Hal ini sebagai pengalaman mahasiswa mengerjakan proyek yang nantinya akan mereka dapatkan di dunia kerja,” ujar Dekan Fakultas Teknik Sipil Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bachtiar Abu Bakar, yang juga dosen Teknik Sipil USB YPKP, di ruang Dekan Fakultas Teknik, Jumat (13/12).
Ia menuturkan, saat ini juga ia bersama dua mahasiswanya tengah melakukan penelitian pada bidang hidroteknik. Di Prodi Tekni Sipil sendiri, terdapat lima bidang konsentrasi, yakni Struktur Bangunan, Transportasi, Hidroteknik, Geoteknik, dan Konstruksi. “Dari kelima bidang itu, kami selalu bersinergi sehingga bisa mengerjakan bersama antar dosen pada kelima bidang itu dalam satu penelitian dan proyek,” ujar Bachtiar Abu Bakar.
Menurut Bachtiar, dengan dilibatkannya mahasiswa dalam berbagai penelitian akan terbiasa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Perusahaan pun, kata Bachtiar, akan mencari lulusan semacam itu. “Beberapa mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di Teknik Sipil sudah diincari oleh beberapa perusahaan tambang dan konstruksi,” ujarnya.
Bachtiar menegaskan, bahwa semua lulusan Teknik Sipil USB tak ada yang menganggur. “Karena dosen-dosen di sini (Teknik Sipil) memiliki jaringan yang cukup luas di berbagai perusahaan,” tuturnya. Saat ini, ada 23 mahasiswa kelas khusus dan 18 mahasiswa kelas regular di Teknik Sipil yang akan diwisuda pada 2014 mendatang. “Sebagian besar dari mereka akan diberi tawaran kerja oleh perusahaan-perusahaan dari jaringan kami,” pungkas Bachtiar.

Website Resmi Direktorat Kerjasama Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
© Copyright 2021 - Direktorat SIM
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram